86 Developer Perumahan di Pandeglang Belum Serahkan Berkas  PSU

FAKTA PANDEGLANG – Kepala Seksi Penyedia Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Pandeglang, Wawan Munawar menyebutkan bahwa dari 86 Perumahan yang ada di Kabupaten Pandeglang belum ada satupun yang menyerahkan berkas penyerahan Aset Prasarana Sarana Utility (PSU) yang dimiliki perumahan kepada Pemkab Pandeglang.

Padahal penyerahan Aset PSU dari Developer Perumahan pernah mendapatkan sorotan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia pada Laporan Pertanggungjawaban keuangan Daerah tahun anggaran 2017 lalu.

“Sejauh ini, dari 86 Perumahan yang ada di kabupaten Pandeglang belum ada satupun pengembang yang menyerahkan PSU tersebut kepada kami (pemkab Pandeglang-red),” Ungkapnya kepada faktapandeglang.co.id saat ditemui diruangan ya, Jumat (3/7/2018).

Meski begitu, pihaknya masih memaklumi  dengan kondisi tersebut, karena OPD yang menangani hal tersebut baru terbentuk pada tahun 2017 lalu di DPKPP pandeglang. Maka dari itu pihaknya telah menyusun perangkat pendukung agar semua developer yang ada di Pandeglang bisa segera melakukan penyerahan aset PSU ke Pemkab Pandeglang, seperti menyusun peraturan bupati tentang penyerahan aset PSU

“Karena kita baru hadir di OPD kita itu (DPKPP) Pandeglang ditahun 2017 lalu, maka kita kan baru bekerja dan Alhamdulillah kami sudah menyusun Perbub no 33 tahun 2017, tentang penyerahan prasarana sarana utility,”katanya.

Maka dari itu, pihaknya saat ini tengah menggencarkan sosialisasi terkait perbub tersebut kepada seluruh Developer Perumahan yang ada di kabupaten Pandeglang agar cepat diserahkan kepada pemerintah.

Namun, tidak semua aset PSU yang bisa diserahkan langsung ke Pemkab Pandeglang ada beberapa syarat yang diberlakukan saat penyerahan PSU tersebut, diantaranya adalah Aset tersebut harus dalam kondisi 100 persen.

“Penyerahan PSU itu ada syaratnya diantaranya adalah kondisi PSU tersebut harus dalam kondisi 100 Persen, misalnya jalan umum yang diserahkan harus kondisinya bagus, kami tidak bisa menerima jika kondisi PSU tersebut rusak,”Bebernya panjang lebar.(Gatot)