Ada Pungli, Kepala Puskesmas Saketi Mengaku Tidak Tahu

FAKTA PANDEGLANG – Menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat tentang tarif parkir di Puskesmas Saketi yang dianggap memberatkan pasien maupun keluarga pasien, Kepala Puskesmas Saketi, Oman Firmansyah mengaku baru tahu bahwa di lembaga kesehatan yang dipimpinnya ada praktik pungli.

Oman Firmansyah mengaku baru tahu adanya praktik pungli tersebut pada Minggu (29/4) malam dari grup aplikasi WhatsApp messenger yang tengah rame membicarakan mengenai praktek pungli lainnya.

“Saya baru tahu pas semalem (Minggu,29/4- red), saya tahunya dari sumber-sumber lain (Grup aplikasi WhatsApp-red), yang rame membicarakan permasalahan ini,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tidak mempunyai kewenangan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, karena pengelolaan parkir di Puskesmas tidak masuk dalam manajemen Puskesmas atau dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Pandeglang.

“Kaitannya dengan tarif parkir, kami (Puskesmas-red) tidak tahu menahu atau tidak ikut campur, itu dikelola oleh pengelola parkir di wilayah Kecamatan Saketi, tapi bukan dikelola oleh Camat. Ada seseorang yang ditunjuk oleh Dishub Pandeglang untuk mengelola parkir di wilayah Kecamatan Saketi,” bebernya.

Bahkan, pihaknya membantah saat ditanya soal ada atau tidaknya jatah dari juru parkir yang memasang tarif diatas tarif yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang, karena menurut sepengetahuannya pengelolaan tarif parkir saat ini sudah dikelola pihak ketiga.

Baca : http://faktapandeglang.co.id/ada-pungli-di-puskesmas-saketi-parkir-keluar-masuk-dipungut-rp-10-ribu/

Meski begitu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dishub Pandeglang untuk membahas permasalahan tersebut, bahkan jika permasalahan ini memberatkan masyarakat maka pihak rumah sakit tidak akan memberlakukan parkiran.

“Kami akan koordinasi dengan Dishub Pandeglang (Pengelola Parkir-red), mengenai permasalahan tersebut atau ya udahlah jangan ada juru parkir, jika ini sangat meresahkan warga (Pasien maupun keluarga pasien-red). (Gatot)