Alokasi Kursi Disejumlah Dapil Bertambah

FAKTA PANDEGLANG – Alokasi kursi DPRD di tiga Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Pandeglang, yakni Dapil II, III dan IV mengalami perubahan yaitu, yang sebelumnya hanya sebanyak 7 kursi bertambah 1 kursi menjadi 8 kursi. Berbeda dengan Dapil I yang mengalami pengurangan kursi, yang sebelumnya 10 menjadi 9 kursi. Hal itu terjadi karena, pengurangan dan penambahan data kependudukan di tiap dapil.

Sementara untuk Dapil VI jumlah kursi masih tetap, yakni sebanyak 9 kursi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang, Ahmad Sujai mengatakan, adanya penambahan dan pengurangan kursi di tiap Dapil itu, diakibatkan karena adanya perubahan kependudukan di Dapil-dapik itu sendiri. Contohnya di Dapil 1 ada pengurangan pendudukn, sehingga jumlah kursi berkurang dan di Dapil lain ada penambahan penduduk dan jumlah kursi juga bertambah.

“Berdasarkan hasil Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), ada data kependudukan di beberapa Dapil yang bertambah dan ada juga yang berkurang. Maka alokasi kursi juga ada yang nambah dan ada yang kurang,” ungkapnya saat ditemui usai melakukan kegiatan simulasi perhitungan alokasi kursi DAK semester I 2017, di salah satu hotel di wilayah Kecamatan Pagelaran, Senin (18/12/17).

Menurutnya, pengurangan data penduduk di sejumlah Dapil itu sebetulnya bukan hilang. Akan tetapi, hal itu sesuai hasil yang sudah dilakukan dari SIAK itu.

“Perubahan ini kursi di sejumlah Dapi itu baru simulais, nanti kami akan ekspose di KPU Provinsi Banten. Adapun yang menetapkan nanti pihak KPU pusat,” katanya

Menanggapi hal itu, wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pandeglang, Muhlas Halim mengatakan, setelah melihat dari data kependudukan dari hasil SIAK semester I 2017 mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sehingga bisa berubah pada pembagian jumlah kursi di masing-masing Dapil.

“Tadi juga apa yang disampaikan oleh pihak KPU, ada pengurangan dan penambahan alokasi kursi,” tuturnya

Lanjut Muhlas, Golkar melihat berdasarkan data dan fakta yang ada, hal itu tidak bisa diganggu gugat. Hal itu tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Pemilu sebelumnya Golkar di Dapil I mendapatkan sebanyak 2 kursi dan itu akan dipertahankan, kalo bisa harus ditambah. Sementara untuk Dapil IV ini menjadi sebuah peluang untuk kita maksimalkan,” ujarnya

Politisi Golkar itu juga mengaku, akan menargetkan sebanyak 9 kursi dalam Pileg nanti.

“Kita akan targetkan 9 kursi,” ucapnya

Tambah Muhlas, untuk Pileg yang akan nanti, memang sudah banyak yang mendaftar ke Golkar. Namun tetap kebijakan partai, memprioritaskan kader-kader lama. Karena memang kader yang selama ini bekerja untuk kemajuan partai.

“Memang nanti tidak menutup kemungkinan akan banyak wajah baru dalam Pileg yang akan datang di Golkar. Akan tetapi, kebijakan partai memprioritaskan kader lama,” tutupnya. (Achuy)