Andika: Salurkan Bansos Jamsosratu di Pandeglang

PANDEGLANH – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy secara simbolis menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Program Jaminan Sosial Rakyat Banten bersatu (Jamsosratu) kepada ratusan penerima yang ada di kabupaten ppandeglang.

Penyerahan bantuan program Jamsosratu tahap pertama itu diberikan kepada 7.754 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang setiap RTS mendapatkan Rp. 1.000.000,- dan pembagian bansos itu dilaksanakan di aula Badan Pendidikan Dan Latihan Provinsi Banten, Pada Kamis (11/4/2019).

Yang menjadi penerima Jaminan Sosial Rakyat Banten bersatu (Jamsosratu) dari Pemerintah Provinsi Banten tahun 2019. Dengan anggaran yang dialokasikan sebesar Rp77. Milyar dengan masing-masing RTS mendapatkan Rp. 1.000.000.

Andika Hazrumy, Wakil Gubernur (Wagub) Banten mengatakan. Tujuan dari program Jamsosratu adalah untuk memberdayakan masyarakat agar bisa sejahtera dan diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan yang ada di Provinsi Banten.

“Dukungan ini merupakan bentuk komitmen dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat dalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan,”kata Andika.

Andika berharap, Kelompok Penerima Manfaat (KPM) Jamsosratu agar bisa mengunakan uang bantuan sosial tersebut dengan benar. Sehingga bisa menutupi dari apa yang mebuadi kebutuhan.

“Semoga bantuan uang non tunai bersyarat ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya, gunakan uang bantuan ini untuk pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari atau bisa juga untuk membeli keperluan anak sekolah, transport untuk mengakses layanan pendidikan dan kesehatan, intinya jangan dibelanjakan kepada sesuatu yang tidak baik/tidak bermanfaat,”harap Andika.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nurhana menuturkan, komitmen pemerintah provinsi Banten dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sangat dirasakan oleh masyarakat, karena menurutnya anggaran untuk jamsosratu dari tahun ke tahu terus meningkat.

Pihaknya menjelaskan, pada tahun 2018 anggaran bansos sebesar Rp57,5 miliar. Sedangkan pada tahun 2019 ini Pemprov Banten mengalokaasikan sebesar Rp90,9 miliar, atau mengalami peningkatan sebesar Rp33,3 miliar (37 %), khusus untuk anggaran Jamsosratu tahun ini sebesar Rp87,5 miliar.

“Masing-masin KPM Jamsosratu akan menerima sebesar Rp.1.750.000 per tahun. Pembagiannya dilakukan dua tahap, tahap pertama sebesar Rp.1000.000 dan tahap 2 sebesar Rp.750.00,- sedangkan penyaluran tahap 1  gelombang ke 1 untuk kabupaten Pandeglang sebesar Rp.7.754.000.000 untuk 7.754 KPM,” imbuhnya. (Gatot)