Apipah: Raih Juara 1 Lomba Pengelola PKBM Tingkat Kabupaten

PANDEGLANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang menyelenggarakan kegiatan lomba apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas) tingakat Kabupaten dengan tema “Kita Tingkatkan Kompetensi Serta Penguatan Pendidikan Karakter GTK PAUD dan Dikmas Melalui Karya Nyata” yang dilaksanakan langsung di Kampus STISIP Banten Raya Pandeglang, Kamis, (28/3/19).

Apipah salah seorang peserta lomba tersebut dari lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Berkah Kecamatan Menes mengatakan bahwa diraihnya juara 1 (satu) pada lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas adapun bentuk penghargaanya yaitu piala dan uang pembinaan senilai Rp. 800.000,-. Memang tidak mudah untuk mendapatkan juara, dikarenakan ini adalah suatu bentuk perjuangan dalam persaingan dari pendidikan Non Formal lainnya yang ada di Kabupaten Pandeglang

“Saya merasa senang dan bangga dengan mendapatkan juara ke-1 (satu) pada lomba Apresisi GTK PAUD dan Dikmas. Karena kegiatan ini sangat memotivasi seluruh pengelola PKBM,” kata Apipah usai mengikuti kegiatan lomba tersebut.

Lanjut Apipah menjelaskan selain bersaing dalam festival lomba pengelola PKBM tingkat Kabupaten, ini juga bisa dijadikan ajang silaturami antar lembaga pendidikan Non Formal se-Kabupaten Pandeglang dan ini akan dijadikan pembelajaran untuk kedepannya, karena kejuaraan yang diraih ini sangat berharga.

“Ini adalah moment yang sangat berharga bagi saya selaku pengelola PKBM Berkah yang diketuai oleh (Sopyan-red), selain mendapatkan juara satu dan juga sebagai ajang silaturahmi antar lembaga PKBM se-Kabupaten Pandeglang,” ujar salah seorang perempuan muda asal warga Kampung Wangun Desa Sindangkarya Kecamatan Menes.

Selain itu, pihaknya berharap akan terus berupaya untuk mempertahankan kejuaraanya ini, dikarenakan dari hasil lomba tingkat Kabupaten tersebut akan masuk pada lomba berikutnya ke tingkat Provinsi.

“Akan saya pertahankan, bahkan saya sangat optimis nanti ketika masuk lomba tingkat Provinsi, saya bisa mendapatkan juara ke satu lagi,” terang Apipah Tutor Pendidikan Keaksaraan

Tidak hanya itu, bagaimanapun juga harus bisa membawa harum nama lembaga PKBM Berkah Menes, tidak hanya pada tingkat Kabupaten maupun Provinsi akan tetapi pada tingkat Nasional.

“Saya akan terus berjuang dan membawa harum lembaga PKBM Berkah,” imbuh seorang perempuan yang memiliki semangat dalam mengimplementasikan pendidikanya.

Pada lomba itu, ia bersaing dengan peserta dari puluhan lembaga lainnya. Apipah mengaku meskipun awalnya sempat grogi, akan tetapi dikarenakan mendapat banyak dukungan sehingga mampu menjadi juara.

“Sebenarnya banyak permasalahan yang harus dipecahkan dengan cepat dan tepat, disitulah banyak tangtangan yang harus ditaklukan,” ucap Apipah yang juga lulusan dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten. (Oriel)