Bangunan Pos Jaga di Terminal Tipe A Labuan Tak Berfungsi

FAKTA PANDEGLANG – Sarana bangunan pos jaga di kawasan terminal bus tipe A Labuan tidak berfungsi, soalnya bangunan tersebut tidak pernah digunakan oleh petugas terminal setempat, sehingga kondisi banguna saat terbengkalai.

Pantauan di lokasi, dalam pos jaga yang berada di jalus masuk terminal tidak terlihat ada petugas yang melakukan aktivitas, namun para petugas lebih banyak beraktivitas di jalur keluar terminal. Selain itu, kondisi sarana bangunan tersebut telah banyak mengalami kerusakan, seperti bagian kaca jendela, pintu masuk serta bagian bangunan yang lain telah rusak.

Salah seorang pengunjung terminal, Irpan mengaku, kondisi bangunan pos jagan ini sepertinya sudah tidak difungsikan. Karena bangunan banyak mengalami kerusakan dan kumuh, seperti tidak dirawat dan dipeliharan dengan baik oleh petugas setempat.

“Selain itu, di lokasi juga tidak ada petugas jaga yang mengatur atau mengawasi masuknya kendaraan angkutan umum,” ungkapnya, Senin (25/6/18)

Harusnya kata dia, meskipin tidak difungsikan, sarana bangunan ini dipelihara dengan baik. Karena kata dia, bangunan itu merupakan aset Negara, soalnya ketika membangunan pos jaga ini dengan menggunakan dana pemerintah, akan tetapi setelah jadi dan berdiri tidak difungsikan dengan baik.

“Sangat disayangkan, bangunan ini kondisinya terbengkalai dan rusak. Padahal ini salah satu aset pemerintah, yang harusnya dijaga dan dipelihara agar tidak hilang,” katanya

Sementara itu, Koordinator tirminal bus tipe A Labuan, Muksin mengatakan, memang bangunan pos jaga itu sengaja tidak difungsikan. Karena kawasan terminal akan dilakukan penataan dan bangunan itu nantinya akan dihilangkan.

“Kedepan terminal ini akan dilakukan penataan. Seperti di jalur masuk terminal akan dibangun jalan dan bangunan pos itu akan dihilangkan, makanya sekarang ini tidak difungsikan,” imbuhnya

Lanjut Muksin, mulai dari depan jalur masuk kawasan terminal akan dibangun jalan khusus untuk kendaraan angkutan umum, baik AKAP, mini bus dan angkutan umum lainnya. Bahkan halaman yang ada di kawasan depan kantor nanti akan dijadikan terminal Angkot, sehingga semua angkutan umum nanti masuk ke terminal.

“Jadi bukan hanya bangunan pos jaga saja nanti yang akan dihilangkan, melainkan kios-kios warung yang saat ini ada di kawasan akan dipindahkan,” tuturnya. (Achuy)