Bawaslu Bentuk Tim Saber OTT Anti Money Politik

PANDEGLANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawalu) Kabupaten Pandeglang bersama Polres Pandeglang dan Kejaksaan Negeri Pandeglang telah membentuk Tim Operasi Tangkap Tangan OTT Anti Politik Uang, yang akan bekerja di 6 Daerah Pemilihan yang ada di kabupaten Pandeglang.

Pembentukan Tim OTT anti politik uang ini untuk mengantisipasi adanya praktek money politik yang diprediksi akan ramai dilakukan di masa tenang atau yang biasa disebut serangan fajar.

Hal itu diungkapkan oleh, koordinator divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga, Karsono saat ditemui di salah satu hotel di Kabupaten Pandeglang, Pada Kamis (11/4/2019).

“Untuk mengantisipasi adanya money Politic, kita (Bawaslu-red) dengan tim Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) di masa tenang dan malam Hari H itu telah membentuk tim saber OTT money politic,” ungkapnya.

Karsono menjelaskan tim saber OTT anti money politic ini nantinya akan berkeliling di enam dapil yang ada di kabupaten pandeglang. Pihaknya juga memberikan ruang kepada masyarakat di kabupaten pandeglang yang ingin melaporkan, jika melihat adanya praktek money politic di wilayahnya.

“Kami akan berkeliling di enam dapil sehingga adanya money politic bisa diantisipasi diawal, kalau nanti ada beberapa pihak yang menemukan adanya praktek, kita memberi ruang untuk masyarakat untuk melaporkannya atau memberikan informasi awal. Untuk Hotline nya nanti akan kita buat,” bebernya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak segan-segan atau takut untuk melaporkan jika menemukan adanya praktek money politic di lingkungannya, karena bawaslu akan melindungi pelapor serta merahasiakan identitasnya.

“Pelapor itukan bisa dirahasiakan dalam konsepsi penanganan pelanggaran pemilu itu si pelapor bisa juga kita dirahasiakan yang penting syarat formil dan non formal, jika dia tidak berani melaporkan dia bisa memberikan informasi awal, pasti bawaslu akan menindak lanjut,” imbuhnya. (Gatot)