Dermaga Pantai Galau Dibangun Melalui CSR IP PLTU 2 Labuan

FAKTA PANDEGLANG – Bangunan dermaga di Pantai Galau, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan dibangun melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia Power (IP) PLTU 2 Labuan-Banten. Akan tetapi kegiatan dari CSR tersebut banyak yang menilai kurang tepat sasaran, soalnya dermaga tersebut dianggap bukan kebutuhan poko bagi masyarakat di kawasan penyangga PLTU.

Menurut salah seorang pegawai bagian Humas IP PLTU 2 Labuan-Banten, Irwin Sumaryo mengaku, benar kalau bangunan dermaga pantai Galau tersebut dibangun melalui dana CSR IP PLTU 2 Labuan. Karena memang, hal itu merupakan program pengembangan destinasi wisata.

“Benar pembangunan dermaga dari CSR. Namun kalau jumlah anggarannya saya tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan,” ungkapnya, Kamis (25/10/18)

Lanjut Irwin, kegiatan tersebut merupakan hasil dari sosial maping lembaga independen. Dia juga mengaku bahwa, pembangunan tersebut belum finishing, karena masih menunggu propertynya beres pabtikasi.

“Belum beres kegiatannya,” ucap Irwin.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang masyarakat Labuan, Herman menilai, dana CSR yang gunakan untuk membangun dermaga tersebut tidak tepat sasaran. Soalnya kata dia, dermaga itu bukan kebutuhan pokok masyarakat di wilayah penyangga PLTU, akan tetapi dermaga hanya sebatas digunakan untuk bermain oleh pengunjung wisata pantai tersebut.

“Saya rasa kegiatan itu tidak tepat. Karena masyarakat bukan butuh dermaga, melainkan program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi,” ujarnya

Apa lagi lanjut Herman, masyarakat di wilayah penyangga PLTU yang terkena dampaknya langsung dari aktivitas perusahaan kelistrikan itu. Makanya diharapkan dana CSR itu harus disalurkan sesuai dengan kebutuhan pokok masyarakat, agar keberadaan PLTU 2 Labuan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh warga.

“Lebih baik dana CSR itu digunakan untuk membangun akses jalan dan memberikan program yang bisa meningkatkan ekonomi warga. Bukan digunakan untuk membangun dermaga, yang belum tentu ada manfaatnya bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (Achuy)