Dua Caleg DPR RI Hadir di Acara Pesta Laut Panimbang

FAKTA PANDEGLANG – Dua orang calon anggota DPR RI, yakni Ahmad Dimyati Natakusuma dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Dedy S Gumelar alias Miing dari Partai Amanat Nasional (PAN) hadir di acara pesta laut yang dilakukan oleh nelayan Panimbang di TPI Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Rabu (26/9/18).

Pantauan di lokasi, kedua calon anggota legislatif tersebut ikut menyaksikan puncak acara tasyakuran laut hingga selesai, bahkan keduanya juga ikut pawai kapal nelayan yang akan melangsungkan prosesi pembuangan kepala kerbau di perairan laut Panimbang bersama rombongan Bupati Pandeglang.

Saat ditanya kehadirannya di acara pesta laut tersebut, Dedy S Gumelar mengatakan, bahwa dirinya diundang oleh pihak panitia ke acara tersebut.

“Saya kan diundang oleh panitia. Bahkan saya dengan ibu Bupati dan pak Dimayti hubungannya selalu baik, sehingga dengan kehadiran saya disini saya rasa tidak ada masalah,” ungkapnya

Caleg DPR RI dari PAN yang akrab dipanggil Miing itu menuturkan. Kegiatan tasyakuran laut itu merupakan sebuah peristiwa tradisi masyarakat nelayan. Sebab hal itu akan memiliki dua dampak positif yang bisa didapat, diantaranya meningkatkan pariwisata dan meningkatkan semangat spiritual masyarakat terhadap rasa syukur kepada Allah SWT.

“Saya ingin program ini harus terus dikembangkan. Bahkan saya akan memperjuangkan hal ini supaya dijadikan agenda oleh Kementerian Pariwisata,” katanya

Sementara, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pandeglang, Abdul Azis mengaku, bahwa pihaknya dari kepanitiaan tidak merasa mengundang calon anggota DPR RI tersebut, baik itu yang dari PAN maupun PKS. Mungkin saja ada warga yang kenal dengan pak Dedy Gumelar atau Miing mengundang beliau (Miing, red) ke acara ini. Akan tetapi kalau dari panitia tidak melakukan undangan kepada para caleg tersebut.

“Kami dari panitia tidak mengundang pak Miing. Adapun soal pak Dimyati Natakusuma, karena memang beliau suami dari Bupati Pandeglang, mungkin saja ikut mendampingi Ibu Bupati bersama rombongan yang lain untuk menyaksikan kegiatan pesta laut ini,” ujarnya

Baca : http://faktapandeglang.co.id/pesta-laut-di-panimbang-diklaim-mampu-dongkrak-pariwisata/

Sementara, Ketua Panwas Kecamatan Panimbang, Oka Hasan Bachtiar mengatakan, kalau dari Panwas titik fokusnya itu diaturan kampanyenya. Ketika kehadiran kedua caleg DPR RI di pesta laut itu tidak melanggar Norma-norma PKPU itu tidak masalah. Artinya mereka (kedua caleg DPR RI) datang ke acara ini sebagai masyarakat, apa lagi keduanya itu (Miing dan Dimyati, red) cukup ditokohkan.

“Selama pemantauan kami di lapangan, kedua caleg itu tidak melakukan kampanye atau mengajak masyarakat untuk memilih dirinya sebagai calon legislatif. Jadi kehadiran keduanya tidak jadi masalah, karena kapasitasnya sebagai masyarakat,” imbuhnya. (Achuy)