Endan: Siap Membangun Desa Melalui Sebuah Organisasi

Fakta Pandeglang – Endan Suwandhana (29) salah seorang warga Desa Cililitan, Kecamatan Picung, dan lahir dari keluarga petani yang memiliki harapan besar untuk membangun Desanya, selain itu pihaknya aktif di berbagai organisasi kepemudaan dan sosial mulai dari kepengurusan karang taruna dan organisasi pemuda pembangunan di tingkat Kecamatan.

Selain itu ia masih duduk di bangku kuliah fakultas hukum Universitas Mathla’ul Anwar (Unma Banten) pihaknya memiliki mimpi yang sanagat besar untuk membangun desanya yaitu lewat kegiatan sosialn dan ilmu yang ia peroleh dan mampu memberikan manfaat bagi warga dan masyarakat di desanya.

Kegiatan yang dilakukannya dalam waktu dekat ini, dipercaya menjadi koordinator pembangunan sarana air bersih di Kampung Cikatomas RT 003/001 dan di Kampung Lengkong,  ia bersama masyarakat sedang menggagas perehaban tempat peribadatan (Mushola-red)  yang memang kondisi musholanya sangat layak untuk dibantu, kegiatan yang ia lakukan selalu mengedepankan gotong royong.

Kegiatan ini sudah sering dia lakukan dengan itikad baik, karena baginya sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Baginya ketika menjalankan sebuah Organisasi Karangtaruna Desa Cililitan ini adalah sebuah kesempatan, karena menurutnya bisa dengan leluasa masuk ke antar kampung di wilayah desa dan bisa mendengar dan mengetahui terhadap kebutuhan masyarakat yang berada di berbagai kampung yang kunjunginya.

Dalam semua kegiatannya di organisasi tingkat desanya pihaknya selalu menancapkan empat konsep yakni

  1. Mantap idiologi: adalah matap berpancasila bahwa seluruh aliran agama yang berada di Desa Cililitan adalah kekayaan dan harus kita terima dengan lapang dada.
  1. Mantap rogram: bahwa kita sebagai masyarakat yang mempunyai harapan maju kedepan harus mempunyai program yang jelas dan terarah dan bisa terasa manfaatnya oleh masyarakat desa cililitan pada khususnya dan kecamatan picung pada umumnya.
  1. Mantap sumber daya: bahwa masyarakat desa cililitan harus mempunya sumber daya manusia yang bisa bersaing dengan desa yang lainnya dan tentunya memberikan hal positif bagi kemajuan desa cililitan.
  1. Mantap Gotong Royong: merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan Bersama dengan musyawarah, santun, hukum adat, ketuhanan, dan kekeluargaan.

Pihaknya selain aktif di Organisasi Karang Taruna, ia juga sebagai pengurus di Lembaga Bantuan Hukum Tridharma Indonesia di Kabupaten Pandeglang yang juga sering melakukan berbagai advokasi dan bantuan hukum terhadap masyarakat miskin. Dan kegiatan yang ia lakukan waktu dekat ini lewat organisasi LBH Tridharma Indonesia Pandeglang adalah untuk mendampingi masyarakat miskin dalam mengurus administrasi kependudukan. Pasalnya hal itu adalah hak dasar warga Negara yang sudah seharusnya dimiliki.  Tapi pada perakteknya masih juga ada kabar bahwa sering dipersulit dan terjadi pungli jika tidak didampingi oleh orang yang paham dibidangnya. (*)