INKINDO dan LSM Gempita Lakukan Aksi Kemanusiaan

PANDEGLANG – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Provinsi Banten dan Lembaga Swadaya Masyarakat Generasi Muda Peduli Tanah Air (LSM-GEMPITA) melakukan kegiatan aksi kemanusiaan bagi korban yang dampak akibat bencana Tsunami Selat Sunda yang terjadi beberapa bulan lalu yang melanda dibebeapa Kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

Konsultan yang tergabung dalam INKINDO, membantu untuk membangunkan fasilitas umum diwilayah terdampak bencana Tsunami tersebut seperti Mushola, MCK dan kebutuhan lain yang mendesak, tindakan atau aksi positif itu dilakukan untuk membantu serta meringankan beban masyarakat khususnya Pemerintahan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

“Aksi kemanusiaan ini secara langsung tertuju kepada sandang dan pangan sudah kami salurkan pada keadaan tanggap darurat untuk korban Tsunami Selat Sunda, dan kondisi itu sudah dilewati dan sudah tertangani dengan baik,” ujar Heri Sonjaya Wakil Ketua INKINDO.

Selain itu, yang harus dipikirkan yaitu kebutuhan masyarakat korban selat sunda dimana dibeberapa titik terdampak banyak masyarakat yang kehilangan tempat tinggal, dan fasilitas umum seperti Mushola, MCK. Termasuk di wilayah Hunian Sementara (HUNTARA), atau hunian tetap yang diprogramkan Pemerintah Daerah untuk relokasi rumah dipinggir pantai yang dianggap berbahaya dan rawan bencana.

“Artinya kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana Tsunami Selat Sunda harus dipenuhi serta dibangunkan fasisilitas yang layak,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pasca bencana tsunami selat sunda memang banyak bantuan kepada masyarakat, seperti Huntara dan mungkin kedepan program hunian tetap dari Pemerintah Daerah ataupun perusahaan yang peduli. Kata dia, ingin ikut serta membantu masyarakat dan pemerintah sesuai profesi sebagai konsultan.

“Kami ingin bantuan kami tidak tumpang tindih artinya harus tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka dari itu INKINDO Provinsi Banten melirik sisi lain yang harus dibantu, diantaranya membangun fasilitas umun di kawasan yang terdampak Tsunami dan prioritas utama yaitu Hunian Tetap,” pungkasnya.

“Kami akan bangunkan hunian tetap bagi masyarakat yang terdampak tsunami, kami juga meminta bantuan kepada teman-teman Generasi Muda Peduli Tanah Air (GEMPITA) untuk melakukan identifikasi kebutuhannya,” bebernya.

Adin selaku bendahara Satgas bantuan Tsunami Selat Sunda INKINDO Provinsi Banten bahwa menurutnya memberikan bantuan kemanusiaan terhadap masyarakat terdampak bencana tsunami di Provinsi Banten dan daerah lainnya pada masa tanggap darurat. Di Kabupaten Pandeglang antara lain yakni Carita, Labuan (Teluk), Sumur (Ujung Jaya).

“INKINDO dan LSM GEMPITA bekerjasama dengan baik demi kepedulian terhadap masyarakat, dan kemitraan yang baik sesuai kemampuan bidangnya, harapanya bukan hanya dikala tsunami selat sunda saja, melainkan bermitra dibidang lain yang bermanfaat,” harapnya.

INKINDO juga menyampaikan kepada Gempita untuk segera bekerja melakukan identifikasi kebutuhan, check and ree-check kepada instansi terkait melaporkan hasil dari indentipikasi kebutuhan bagi masyarakat yang terdampak Tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang.

“Kami minta hasil indetifikasi dari teman-teman Gempita terkait apa yang dibutuhkan oleh masyarakat agar untuk segera ditangani,” paparnya. (Oriel)