Irna Bakal Bangun Rumah Adat Sunda Senilai Rp 498,3 Juta

FAKTA PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku akan membangun rumah adat sunda di lingkungan Pendopo Pandeglang, hal itu bertujuan untuk menerima para tamu yang datang ke kota santri tersebut, sehingga bagi setiap tamu dari luar yang datang ke Pandeglang, bisa di tempatkan di rumah adat tersebut.

Menurut Bupati Irna, rencana pembangunan rumah adat sunda tersebut, yaitu setelah belajar dari hasil kunjunganya ke Bayuwangi. Kalau di Banyuwangi kata Irna, Rumah tersebut dinamakan Osing.

“Saya belajar dari Bayuwangi, saya terkesan sekali tamu-tamu diteras didalamnya banyak khas Bayuwangi. Makanya saya termotivasi ingin membangun rumah adat itu,” katanya

Lanjut Irna, Rumah dengan model panggung itu tidak hanya untuk menerima tamu saja. Melainkan akan dimanfaatkan sebagai kegiatan sarana bermain anak-anak dan akan dibangun juga masjid nabawi mini dan rumah Pandeglang di jaman dulu.

“Nanti juga ada mesjid semi nabawai disana, lalu rumah masyarakat pandeglang jaman dulu, supaya mereka gak kehilangan jati dirinya,” ujarnya

Menurutnya, dibangunya rumah tersebut supaya generasi saat ini tidak melupakan Pandeglang jaman dulu, kendati Pandeglang telah mengalami kemajuan. Pihaknya juga mengaku, terkait pembanguanya, Irna memastikan akan selesai tepat waktu, meskipun lelang proyek tersebut baru selesai.

“Untuk diketahui Pemkab Pandeglang menganggarkan sebesar Rp 498,3 juta untuk pembangunan rumah adat sunda dan dikerjakan oleh CV Eselen,” pungkasnya. (Achuy)