Jalan Menes-Barusatu, DPUPR Sudah Diingatkan Untuk Tingkatkan Pengawasan

FAKTA PANDEGLANG – Komisi III DPRD Kabupaten Pandeglang, sebelumnya sudah mengintruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Pandeglang, untuk meningkatkan sistem pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan jalan Menes-Barusatu, soalnya banyaknya keretakan pada betonisasi yang baru dikerjakn oleh PT Sumber Usaha Baru Karya itu akibat lemahnya pengawasan.

Sekretaris komisi III DPRD Pandeglang, Muhlas Halim mengaku, sangat menyayangkan dengan hasil pembangunan betonisasi jalan Menes-Barusatu yang dilakukan oleh pihak pelaksana kegiatan (PT Sumber Usaha Baru Karya) tersebut, yang saat ini telah banyak mengalami keretakan. Padahal pada saat hearing, pihaknya sudah memeritahkan kepada DPUPR untuk melakukan pengawasan secara maksimal.

“Artinya dengan adanya kualitas bangunan yang rendah, akibat dari lemahnya sistem pengawasan. Padahal sejak awal kami sudah menyarankan agar dinas terkait melakukan pengawasan yang maksimal,” ungkap Muhlas, Senin (20/8/18)

Lanjut Muhlas, melalui peltek yg ditunjuk oleh dinas, setiap kegiatan harus diawasi mulai dari LPB, LPA sampai dengan finishing. Sebab kegiatan tersebut harus sesuai dengan RAB dan spek yg tertuang dalam kontrak.

“Kalau pelaksananya membandel, peltek jangan mau nandatangan laporan progres, sampai dengan pengusaha yg melaksanakan mematuhi kewajiban yang tertera dalam kontrak,” tegasnya

Baca : http://faktapandeglang.co.id/betonisasi-jalan-menes-barusatu-banyak-keretakan/

Selain itu, pihaknya juga menegaskan, pada saat proses PHO agar dinas mengikutsertakan BPKP dan pembayaran pekerjaannya sesuai dengan hasil Pemeriksaan BPKP, agar dipastikan tidak ada kelebihan pembayaran, supaya pemerintah dan masyarakat tidak dirugikan.

“Kami minta libatkan BPKP saat pelaksanaan PHO, jangan sampai ada yang dirugikan dalam proyek tersebut, baik itu masyarakat dan pemerintah,” pintanya. (Achuy)