KPU Pandeglang Ajak OKP dan Ormas Sosialisasi Pendidikan Pemilih

FAKTA PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi pendidikan pemilih baik kepada pemilih pemula, Organisasi Kepemudaan (OKP), maupun organisasi kemasyarakatan (Ormas). Salah satu ormas yang diajak kerjasama untuk sosialisasi pemilih adalah Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kabupaten Pandeglang.

Sosialisasi pendidikan pemilih yang dilaksanakan, Minggu (21/10/18) di salah satu villa di wilayah Kampung Panonan, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang tersebut dihadiri oleh Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Pandeglang, Ahmadi dan salah seorang staf yakni Iceu, Ketua AMS Kabupaten Pandeglang, Oji Fahrurozi dan puluhan kader AMS dari wilayah Kecamatan Panimbang, Sobang, Cigeulis, Cibaliung, Cimanggu, Sumur dan Kecamatan Cibitung.

Dalam kesempatan itu, salah seorang komisioner KPU Pandeglang, Ahmadi menyampaikan, bahwa KPU Pandeglang sangat membutuhkan kerjasama dari seluruh stakeholders, salah satunya dari AMS untuk bersama-sama mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 mendatang. Datangnya warga ke TPS untuk menyuarakan hak politiknya pada Pemilu 2019 nanti adalah salah satu bentuk partisipasi warga untuk menentukan calon pemimpin atau wakilnya, baik yang akan duduk di lembaga legislatif, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) maupun pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

“Tugas untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu sesuangguhnya tidak hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu saja. Melainkan semua pihak termasuk di dalamnya Ormas,” ungkapnya

Lanjut Ahmadi, AMS juga harus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu kepada masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukannya adalah mengajak keluarga, sanak saudara dan teman-teman pengurus internal AMS itu sendiri.

“Langkah awal memang mengajak orang-orang terdekat, lama-kelamaan informasi itu diharapkan akan berkembang luas,” katanya

Sementara itu, Ketua AMS Pandeglang Oji Fahrurozi mengaku, sangat menyambut baik dengan gagasan yang disampaikan oleh salah seorang komisioner KPU Pandeglang tersebut. Pihaknya berjanji akan terus melakukan sosialisasi tahapan Pemilu secara massif baik melalui pertemuan maupun lewat akun media media sosial (medsos).

“Kita berharap peserta Pemilu juga turut andil mengajak masyarakat untuk datang ke TPS. Tidak hanya melaksanakan kampanye saja,” ujarnya. (Achuy)