Lewat Warung Inisiatif, Sharp Indonesia Hidupkan Warga Pandeglang Pasca Tsunami

PANDEGLANG – Untuk membantu meringankan beban korban bencana tsunami di wilayah Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten , PT Sharp Electronics Indonesia memberikan bantuan berupa 10 warung inisiatif bagi warga Kampung Cangkara, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, yang menjadi korban tsunami. Selasa (25/3/2019).

PR dan Brand Communication Manager, Pandu Setio mengatakan, jika pihak Sharp Indonesia yang bermitra dengan Human Iniviatif telah menyiapkan bantuan sarana masyarakat berupa Warung Inisiatif.

“Fasilitas warung menjadi pilihan guna mengembalikan kondisi yang kondusif serta menumbuhkan perekonomian warga sekitar Kampung Cangkara, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Carita, yang warungnya terkena tsunami selat sunda pada Desember tahun 2018 lalu,”kata Pandu

Pandu menjelaskan, sepuluh warung tersebut jenisnya berbeda-beda disesuaikan dengan usaha yang telah dijalankan warga sebelumnya, dari warung sembako hingga warung saji makanan. Guna memudahkan jalannya usaha warga penerima bantuan juga mendapatkan dana hibah berupa uang senilai Rp 5 Juta sebagai modal awal.

“Kehadiran kami disini bersama Human Iniviatif bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk kembali aktif berkegiatan, warung menjadi pilihan karena bagaimanapun warung telah menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat sekitar Dan sarana yang kami percaya dapat menghidupkan perkampungan Cangkara,”ucapnya

Pandu pun menambahkan, Sharp Indonesia juga memberikan fasilitas seperti meja, dan bangku untuk warga berkumpul.

“Dengan berkumpul ini, semoga mereka bisa merasa lebih aman dan mengurangi dampak trauma yang mereka alami,”tambahnya

Ditempat yang sama, Mardi Sahendra Manager Human Iniviatif mengatakan, perbaikan sarana masyarakat dipantai Carita, Pandeglang, merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Sharp Indonesia serta aksi Employee Volunteering yang diinisiasi oleh karyawan Sharp Indonesia yang bekerjasama dengan Human Iniviatif, baik dari kantor pusat maupun dari kantor cabang.

“Ini adalah kepedulian karyawan terhadap sesama, dengan menggalang donasi untuk warga yang warungnya terkena gelombang pasang air laut, sudah kewajiban bagi kita semua untuk menaruh perhatian pada masyarakat,”ujar Mardi

Sementara itu, Kades Sukajadi, Rai Syafrudin mengaku, sangat berterima kasih dengan bantuan yang telah diberikan oleh Sharp Indonesia kepada warganya yang terdampak tsunami Selat Sunda, karena seluruh dagangannya tersapu ombak saat berjualan.

“Warga kami yang berjualan disekitar tempat wisata betapa sulitnya untuk mencari nafkah karena semua barang dagangannya habis tersapu oleh tsunami, Untuk itu, dengan adanya bantuan ini mudah-mudahan warga kami bisa mengais nafkah kembali dengan warung inisiatif dan modal usaha yang telah diberikan oleh Sharp Indonesia,” kata Rai . (/*sandi)