Longsor, Ruas Jalan Penghubung Desa Surakarta-Bulagor Nyaris Putus

FAKTA PANDEGLANG – Jalan poros desa di Kampung Walang, Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang yang menghubungkan dua desa, yakni Desa Surakarta-Bulagor longsor hingga 4 meter dan kedalaman sekitar 7 meter, peristiwa itu terjadi Kamis (9/11/18) malam sekitar pukul 20.30 WIB saat terjadi turun hujan yang melanda wilayah tersebut. Akibat kejadian itu, akses jalan nyaris putus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat (R4) maupun roda dua (R2).

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, awalnya jalan tersebut sempat amblas akibat dilintasi oleh kendaraan plant pengangkut beton, lalu pada saat turun hujan yang terjadi Kamis malam tadi, kini akses jalan yang menuju ke SDN Surakarta 1 tersebut telah longsor.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Tubagus Rosid mengatakan, awalnya memang jalan tersebut amblas akibat dilalui oleh kendaraan plant dan semalam saat turun hujan, akhirnya jalan di desanya telah longsor. Akibatnya jalur tersebut nyaris putus, sehingga saat ini kndisi jalan sulit untuk dilalui kendaraan.

“Panjang bangunan jalan yang longsor sekitar 4 meter dan kedalaman 7 meter. Sekarang ini kondisi jalan mulai mengecil, sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat (R4),” ungkapnya, Jumat (9/11/18)

Lanjut Kades, pada saat kejadian, pihaknya juga langsung melaporkan hal itu kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang. Pada saat itu juga kata dia, dari pihak BPBD juga langsung turun ke lokasi untuk meninjau kondisi jalan longsor tersebut.

“Dari BPBD juga sudah turun ke lapangan. Namun kami meminta secepatnya ada penanganan, soapnya jalan itu aksea vital bagi masyarakat yang ada di desa saya,” katanya

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Surakarta, Alek Suryono mengaku, akibat terjadinya longsor, kondisi jalan tersebut saat cukup menghawatirkan. Sehingga kalau tidak segera ditangani hawatir ruas jalan akan putus, dan membuat masyarakat di desanya terisolir.

“Intinya kami ingin jalan yang longsor itu secepatnya ditangani. Karena kalau tidak disegerakan dipastikan akan putus. Apa lagi sekarang ini mulai memasuki musim penghujan, sehingga rawan terjadi longsor lagi,” harapnya

Dikutif dari akun facebook BPBD Pandeglang, bahwa Pusdalops-PB BPBD telah meninjau lokaso bencana longsor. Dengan laporan, A Jenis Bencana, Tanah longsor, B. Lokasi kekadian, Kampung Walang dusun Desa Surakarta Kecamatan, Pagelaran, Kabupaten Pandeglang. C, Penanganan Tim TRC BPBD Kabupaten Pandeglang. D. Jumlah korban, nihil. E. Kronologis kejadian, telah terjadi hujan deras yang mengakibatkan tanah longsor membuat akses jalan penghubung Desa Surakarta dengan Desa Bulagor akses jalan terputus yang diakibatkan tanah longsor, Sehingga sejumlah masyarakat pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

F. Tindakan yang dilakukan personil TRC yakni, melakukan monitoring ke lokasi kejadian, kordinasi dengan Aparat Desa dan membuat garis pembatas jalan. (Achuy)