Masyarakat Menes Antusias Ikuti MTQ Tingkat Kecamatan

FAKTA PANDEGLANG – Masyarakat Menes antusias mengikuti kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Menes, yang digelar oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Menes, soalnya para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut melebihi estimasi yang ditentukan oleh pihak panitia.

Ketua panitia pelaksana MTQ, Ade Sopyan mengatakan, kegiatan MTQ tersebut merupakan program DPA Kecamatan Menes. Memang kata Ade, setiap kecamatan di Pandeglang memang ada kegiatan tersebut, namun tidak semua kecamatan yang melaksanakan MTQ tersebut.

“Namun karena kultur masyarakat Menes ini Agamis, maka kami dari LPTQ menyelenggarakan MTQ tingkat kecamatan ini,” ungkapnya, Sabtu (1/9/18)

Kata Ade, kegiatan tersebut juga merupakan ajang mencari peserta yang terbaik untuk mewakili MTQ tingkat Kabupaten Pandeglang nanti. Adapun cabang-cabang yang dilombakan dalam MTQ ini kata Ade, ada sebanyak 6 cabang, diantaranya kategori tilawatil Quran, Musabaqoh Hifzil Quran atau hapalan, Fahmil Quran, Musabaqoh Fahmil Quran, Qiroatul Kutub dan Murotal Al-Quran.

“Nah ke enam kategori lomba itu, diikuti oleh sebanyak 135 peserta, mulai dari anak-anak hingga dewasa dari masing-masing perwakilan lembaga pendidikan dan pondok pesantren serta desa yang ada di wilayah Menes,” katanya

Namun lanjut Ade, peserta yang lebih banyak mengikuti kegiatan tersebut, didominasi dari lembaga pendidikan dan Ponses. Sementara peserta dari desa hanya sedikit, karena tidak semua desa mendaftarkan kafilah dalam MTQ ini.

“Hanya ada tiga desa yang ikut dalam MTQ ini, yakni Desa Purwaraja, Menes dan Kadupayung. Sementara desa yang lain tidak ada,” tuturnya

Terpisah, Camat Menes, Ubaedillah mengaku, sangat mengapresiasi dengan kegiatan MTQ yang telah digelar tersebut. Memang kata camat, di Pandeglang ini tidak semua kecamatan menyelenggarakan kegiatan tersebut, aka tetapi karena Menes ini kultur masyarakatnya Agamis, sehingga MTQ terselenggara dengan meriah.

“Masyarakat sangat antusias. Sebab dalam pawai taaruf sangat meriah dan pesertanya juga cukup banyak,” ujarnya

Camat juga berharap, kedepan semua desa di Menes ini bisa ikut serta dalam MTQ yang akan datang. Karena untuj kali ini hanya tiga desa saja yang mengikuti. Selain itu, MTQ tersebut juga bukan hanya sebatas lomba untuk mencari juara, akan tetapi yang lebih pentingnya lagi yaitu untuk meningkatkan nilai silaturahmi dan memupuk masyarakat terhadap kecintaan baca Al-Quran.

“Tadi juga saya pesankan kepada semua Kades kedepan agar mengikutsertakan kafila-kafilah yang ada di desa masing-masing,” pungkasnya. (Achuy)