Melalui Aklamasi, Ibnu Hajar Ditunjuk Jadi Ketua APDESI Pandeglang

FAKTA PANDEGLANG – Ibnu Hajar, Kepala Desa Kalang Anyar, Kecamatan Labuan ditunjuk sebagai Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pandeglang priode 2018-2023, dalam kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) Apdesi 2018 yang dilangsungkan di Hotel Wira Carita, Rabu (2/5/18). Hal itu, karena salah seorang kandidat dalam Muscab tersebut telah mengundurkan diri, sehingga pihak panitia menunjuk Ibnu Hajar tersebut yang menjadi ketua Apdesi.

Dalam kegiatan Muscab Apdesi Pandeglang 2018, diikuti oleh sebanyak dua kandidat, diantaranya Ibnu Hajar dan Dedi Rivaldi yang merupakan Kades Karya Sari, Kecamatan Cikedal. Namun karena saat kegiatan berlangsung, setelah tahapan penyampaian visi misi, Dedi Rivaldiada mengundurkan diri. Atas pengunduran itu, pihak panitia mengambil sikap untuk menentukan ketua Apdesi secara aklamasi dan yang ditunjuk adalah Ibnu Hajar, Kades Kalang Anyar, Kecamatan Labuan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Taufik Hidayat, Kepala BKD Fahmi, dari Apdesi Banten, Anggota DPRD Provinsi Banten Yoyon Sujana serta jajaran pejabat Pemkab Pandeglang lainnya.

Ketua Apdesi terpilih, Ibnu Hajar mengatakan, bahwa dirinya terpilih menjadi ketua Apdesi melalui aklamasi. Karena sebelumnya, lawannya di arena Muscab itu telah mengundurkan diri, sehingga panitia memutuskan memilih dirinya yang menjadi ketua Apdesi tersebut.

“Karena satu calon mengundurkan diri, maka panitia menunjuk saya menjadi ketua Apdesi Pandeglang priode 2018-2023,” ungkapnya, Rabu (2/5/18)

Ibnu juga mengaku, sangat mengapresiasi kepada semua Kepala Desa (Kades) yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai ketua Apdesi tersebut. dirinya juga mengaku, akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

“Terimakasih saya ucapkan kepada semua Kades yang telah memberikan kepercayaan kepada saya, berkat dukungan dan partisipasinya, saya terpilih menjadi ketua Apdesi dan saya akan semaksimal mungkin menjalankan amanah ini,” tuturnya

Lanjut Ibnu, dengan terpilihnya menjadi ketua Apdesi 2018-2023, dirinya mengaku akan langsung menyusun program kerja, mulai dari penyusunan kepengurusan melalui rapat formatur dan persiapan pelantikan. Selain itu, setelah dilantik, ia juga akan melakukan pembenahan organisasi Apdesi tersebut.

“Langkah pertama saya akan menyusun kepengurusan terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan persiapan pelantikan dan menyusun program kerja lainnya,” katanya

Menurut Ibnu, ditunjuknya menjadi ketua Apdesi melalui aklamasi itu, merupakan sebuah amanah dan tantangan besar bagi dirinya. Namun ia meminta kepada semua Kades di Pandeglang ini, untuk secara bersama-sama menjalankan dan menghidupkan roda organisasi Apdesi ini. Karena tanpa ada dukungan dari semua pihak, ia tidak mungkin bisa menjalankan program kerja sendiri.

“Saya juga akan selalu berkoordinasi baik dengan semua Kades, pemerintahan maupun jajaran kepengurusan di Apdesi ini. Karena melalui koordinasi yang baik, maka akan roda organisasi akan berjalan dengan baik,” ujarnya

Di tempat yang sama, Ketua panitia Muscab Apdesi 2018, Hambali menuturkan, kaitan dengan Muscab ini untuk menentukan ketua Apdesi Kabupaten Pandeglang periode 2018-2023, sebab masa jabatan ketua Apdesi yang dulu sudah habis. Dirinya juga mengaku, bagi siapapun yang terpilih menjadi ketua Apdesi, diharapkan bisa menjalankan organisasi yang baik dan amanah.

“Intinya siapapun yang terpilih, diharapkan bisa menjalankan organisasi dengan baik dan membuat terobosan-terobosan baru. Supaya organisasi Apdesi ini bisa lebih hidup lagi dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya. (ADV)