Miftahul Farid Sukur Beri Materi Dalam Sosialisasi Anti Hoax & Narkoba

FAKTA PANDEGLANG – Pembina PC Anak Muda Indonesia (AMI) yang juga calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Golongan Karya (Golkar), Miftahul Farid Sukur, memberikan materi dalam acara sosialisasi anti hoax dan narkoba dalam refleksi sumpah pemuda 2018, yang digelar oleh PC AMI Pandeglang, di salah satu Gedung Madrasah di Kampung Kadugading, Desa Menes, Kecamatan Menes, Minggu (28/10/18).

Materi yang disampaikan kepada para peserta sosialisasi tersebut yaitu, tentang peran dan fungsi Mahasiswa bagi masyarakat dan Mahasiswa itu sendiri.

Menurut Farid, ada tiga peran dan fungsi Mahasiswa, yang pertama peranan moral, sosial dan intelektual. Ketiga peran itu harus benar-benar difahami oleh para Mahasiswa itu sendiri. Peran moral, sebagai Mahasiswa dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing, sebagai individu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat.

“Mahasiswa itu sebagai perubahan sosial, maka ketiga peran dan fungsi itu harus benar-benar difahami oleh Mahasiswa itu sendiri,” ungkapnya

Dalam peran sosial lanjut Farid, selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial yaitu, keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri. Akan tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan masyarakat sekitar.

“Tugas Mahasiswa bukan hanya kuliah, tapi mengamalkan tri dharma perguran tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat,” katanya

Caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI itu mengaku, dalam peranan Intelektual, Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelektual. Maka haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata.

“Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik, dengan intelektualitas yang dimiliki selama menjalani pendidikan,” ujarnya. (Achuy)