Muspika dan Warga Banjar Perbaiki Jembatan Secara Swadaya

FAKTA PANDEGLANG – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan warga Banjar perbaiki bangunan jembatan penyambung dua desa yakni Desa Banjar-Gunung Putri Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang. Lantaran jembatan tersebut sudah lama terjadi kerusakan bahkan tidak bisa dilalui oleh pengendara roda 4 (R4)

Doni Hermawan Camat Banjar membenarkan kalau jembatan tersebut mengalami rusakan yang cukup parah, akan tetapi pihak sudah mengusulkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pandeglang, untuk segera dilakukan perbaikan agar akses tersebut bisa dilalui oleh pengendara roda 2 (R2) dan roda 4 (R4).

“Kami Muspika dan warga Banjar melakukan gotong-royong secara swadaya memperbaiki jembatan yang sudah lama rusak dan belum ada penangan dari pihak terkait,” katanya. Selasa,(6/11/18).

Selain itu, jembatan tersebut diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat dengan menggunakan kayu, pihaknya juga mengaku banyak korban jatuh saat melintas jembatan tersebut. Namun kata dia, sudaj diajukan kepada DPUPR untuk dilakukan penanganan sementara.

“Sebelum diperbaiki banyak korban jatuh saat melintas jembatan, Alhamdulillah saat ini terealisasi dengan menggunakan anggaran dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jembatan DPUPR,” ujarnya.

Sementara itu UPT Pemeliharaan Jembatan DPUPR Pandeglang, Jenal Huri menyampaikan, setelah menerima usulan yang dilakukan oleh pihak kecamatan. Pihaknya saat ini melakukan perbaikan terhadap jembatan yang rusak akibat bencana yang terjadi beberapa tahun lalu.

“Karena ini sifatnya mendesak dan untuk keselamatan warga yang menggunakan jembatan tersebut, kita saat ini segera melakukan perbaikan agar tidak jatuh korban,” imbuhnya.

Menurutnya, penanganan yang dilakukan oleh UPT Pemeliharaan jembatan saat ini baru sampai pada tahap pembongkaran matrial yang sudah ambrol yang dilakukan bersama masyarakat dan Muspika Banjar.

“Ini merupakan bentuk sinergitas antara UPT Pemeliharaan Jembatan dengan masyarakat serta Muspikanya. Kita akan tampung usulan perbaikan dari masyarakat,” ungkapnya. (Oriel)