Panwascam Cikedal Lantik 109 Pengawas TPS

PANDEGLANG – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cikedal, melantik sebanyak 109 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pemilu 2019, pelantikan yang sekaligus bimbingan teknis tersebut dilakukan di aula Gedung PGRI setempat, Rabu (27/3/19).

Ketua Panwaslu Cikedal, Asrori mengatakan, ada sebanyak 109 orang pengawas TPS yang dilantik hari ini (Rabu, red). Menurutnya, para PTPS ini setelah dilantik akan langsung melakukan tugasnya sebagai pengawas pemilu di wilayah kerjanya masing-masing.

“Setelah dilantik mereka (pengawas TPS, red) akan langsung bekerja,” katanya

Lanjut dia, pengawas TPS adalah ujung tombak pengawasan dalam pemilu. Karena mereka bekerja mengawasi tahapan dan proses pemilu di tiap TPS.

“Setelah pelantikan, para PTPS ini langsung diberikan pembinaan yang mengenai mekanisme pengawasan yang akan dilakukan,” ungkapnya

Sementara, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Pandeglang, Fauzi Ilham mengatakan, tugas pengawas TPS tidak hanya memiliki tugas melakukan pengawasan pada proses pencoblosan, tetapi harus mengawal tahapan dalam proses pendistribusianĀ logistik.

“PTPS juga harus mengawasi pendistribusian logistik. Jadi tidak hanya pada saat kegiatan pencoblosan saja,” tuturnya. (Achuy)