Program Pengadaan Sepeda Dinilai Tanpa Kajian Yang Matang

FAKTA PANDEGLANG – Komisi I DPRD Pandeglang, menilai program pengadaan kendaraan operasional sepeda oleh desa, yang didanai dari Dana Desa (DD) 2018 sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Pandeglang, tanpa melalui kajian yang matang, soalnya aturan pembelian sepeda dari DD itu menuai pro dan kontra, sehingga Pemda Pandeglang perlu melakukan kajian lagi.

Ketua komisi I DPRD Pandeglang, Habibi Arapat mengatakan, memang peraturan Pemda Pandeglang kaitan dengan pengadaan sepeda untuk RT/RW yang harus dilakukan oleh desa, menimbulkan pro dan kontra. Soalnya ada desa yang setuju dan tidak sedikit pula yang tidak setuju, sehingga aturan itu harus dikaji ulang.

“Memang tanggapan dari para Kepala Desa (Kades) di Pandeglang cukup beragam kaitan dengan program pengadaan sepeda. Artinya ada yang setuju dan ada yang tidak, karena penyesuaian wilayah desa itu sendiri,” ungkap Habibi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (9/5/18)

Harusnya kata Habibi, ketika Pemda akan mengeluarkan kebijakan kaitan dengan alokasi DD tersebut, harus melalui kajian yang matang. Jangan sampai hal itu memberatkan pihak desa, karena selama ini informasi yang didapatnya bahwa, tidak sedikit juga pihak desa yang tidak setuju dengan program pengadaan sepeda itu.

“Jika memang sepeda itu bukan menjadi kebutuhan yang utama, desa tidak mesti dipaksakan untuk melakukan pembelian sepeda. Karena ada skala prioritas lain yang perlu diutamakan,” katanya

Baca : http://faktapandeglang.co.id/aktivis-sebut-mayoritas-apbdes-di-pandeglang-tidak-pro-rakyat/

Diberitakan sebelumnya, ada sejumlah desa yang terpaksa melakukan pembelian kendaraan sepeda untuk RT/RW. Karena jika dalam pengajuan DD tahap pertama tidak mencantumkan pengadaan sepeda, DD itu tidak dicairkan, yang pada akhirnya desa terpaksa membeli sepeda walaupun tidak sesuai dengan kondisi wilayah desa.

“Mau gimana coba, kalau desa tidak mengusulkan pembelian sepeda pada pengajuan DD tahap awal, dana DD itu tidak akan dicairkan,” tuturnya. (Achuy)