Ratusan Siswa SD Berkompetisi di Ajang OSN Tingkat Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG – Ratusan siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Pandeglang, pada Rabu (6/2/2019). mengikuti gelaran kompetisi untuk menunjukan keahliannya dibidang Matematik dan Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Pandeglang, di salah satu hotel yang ada di kabupaten pandeglang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, M Olis Solihin mmengungkapka, Olimpiade Sains merupakan wadah penyaluran bakat, minat serta potensi para peserta didik di tingkat kabupaten pandeglang.

Setidaknya ada dua cabang lomba dalam OSN 2019 ini yakni cabang Matematika dan Cabang Ilmu Pengetahuan.

“Selain itu, tujuan digelarnya Olimpiade ini sebagai bentuk evaluasi mengenai hasil belajar para siswa terhadap mata pelajaran yang diperlombakan dalam OSN tahun 2018 ini,” ungkapnya.

Masih kata Olis, dari 144 peserta didik yang berlaga dalam ajang OSN tingkat pandeglang, nantinya akan muncul hasil 12 peserta didik terbaik yang akan mewakili kabupaten pandeglang dalam ajang OSN tingkat Provinsi Banten mendatang.

“Nantinya para pemenang dalam OSN tingkat Kabupaten Pandeglang ini akan mewakili kabupaten pandeglang dalam ajang OSN tingkat provinsi banten tahun 2019 mendatang,” bebernya.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pandeglang, Ahmad Jaya menerangkan, setidaknya ada 140 siswa dan siswi yang ikut serta dalam ajang OSN tingkat kabupaten pandeglang.

“Ratusan peserta ini merupakan siswa dan siswi terbaik yang menjadi perwakilan dari tiap kecamatan yang ada di kabupaten pandeglang dan akan tampil dalam ajang OSN Tingkat Kabupaten Pandeglang ini,” ungkap Ahmad Jaya kepada faktapandeglang.co.id.

Masih kata Ahmad Jaya, ke 140 siswa dan siswi ini nantinya akan berkompetisi di dua bidang sains yang diperlombakan, yakni 70 orang dibidang matematika dan 70 orang lainnya akan berkompetisi di bidang ilmu pengetahuan alam (IPA).

“Dari dua bidang yang diperlombakan ini nantinya akan dipilih 12 orang pemenang atau menjadi siswa terbaik yang akan mendapatkan gelar juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 untuk dua cabang yang diperlombakan pada OSN kali ini,” ungkapnya. (Gatot)