Tak Diperhatikan Pemerintah, Warga Gotong Royong Bangun Jalan

PANDEGLANG – Masyarakat Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang melakukan perbaikan ruas jalan Bama-Pagelaran secara swadaya, sebab ruas jalan tersebut rusak parah dan belum ada perhatian dari pihak pemerintah, sehingga warga terpaksa harus iuran untuk membangun jalan tersebut.

Pantauan di lokasi, puluhan warga mengurug jalan Bama-Pagelaran yang berlubang dengan batu dan pasir, sambil bergotong-royong warga juga menyediakan kotak amal yang terbuat dari kardus, yang disediakan untuk warga dan pengguna jalan yang ikut berpartisipasi dalam menyumbang untuk membangun jalan tersebut.

Ditemui di lokasi, salah srorang warga setempat, Ajat Sudrajat mengatakan, pembangunan jalan yang dilakukan tersebut adalah sebagai bentuk kepedulian warga, terhadap kondisi jalan Bama-Pagelaran tersebut. Lantaran, kerusakan yang dialami jalan itu sudah cukup parah dan belum ada perhatian dari pemerintah. Maka dari itu, ia dan warga lainnya berinisiatif untuk melakukan perbaikan secara swadaya.

“Kami melakukan penggalangan dana untuk membangun jalan ini. Karena sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah, oleh sebab iti, untuk menghindari kecelakaan lalulintas, kami lakukan perbaikan secara swadaya,” ungkapnya, Minggu (10/2/19)

Menurut Ajat, memang sebagian jalan Bama-Pagelaran itu sudah pernah dibangun. Namun masih ada sekitar 2 kilo meter lagi yang rusak parah, kali ini ia dan warga yang lain mengurug bagian jalan yang berlubang, karena kalau tidak diurug, hawatir para pengguna jalan banyak yang jatuh.

“Dengan kondisi jalan seperti ini. Tentu menghambat terhadap aktivitas warga, selain itu dihawatirkan banyak kecelakaan lalulintas, soalnya di sepanjang ruas jalan itu terdapat banyak lubang yang cukup besar,” katanya

Fiktor, warga lainnya mengaku, bahkan matrial yang digunakan untuk mengurug jalan tersebut, hasil dari iuran warga dan para donatur yang lain. Karena perbaikan jalan oleh warga ini, tanpa ada bantuan dari pihak pemerintah. Untuk itu, ia bersama masyarakat Pagelaran yang lain berharap, agar pemerintah segera menuntaskan pembangunan jalan Bama-Pagelaran.

“Warga sudah geram dengan kondisi jalan seperti ini. Karena sudah belasan tahun, jalan Bama-Pagelaran rusak, makanya kami berinisiatif melakukan perbaikan secara swadaya,” ujarnya. (Achuy)