TPT Jembatan Citapos Longsor

FAKTA PANDEGLANG – Tembok Penahan Tanah (TPT) ruas jalan Cimanying-Pasar Menes, tepatnya di jembatan Citapos, di Kampung Menes, Desa Menes longsor. Hal itu terjadi, diakibatkan kondisi bangunan telah dimakan usia, sehingga sekarang ini ambruk dan akibatnya ruas jalan tersebut saat ini kondisinya menghawatirkan.

Pantauan di lokasi, panjang bangunan TPT yang longsor di ruas jalan itu diperkirakan mencapai 10 meter lebih.

Salah seorang warga Memes, Sudrajat mengatakan, ambruknya TPT di ruas jalan Pasar Menes-Cimanying itu kejadiannya diperkirakan tadi malam. Akibatnya saat ini, kondisi jalan mengecil dan menghawatirkan, sehingga perlu adanya percepatan penanganan TPT tersebut.

“TPT yang ambruk itu harus segera ditangani, karena kalau dibiarkan saja hawatir jalan raya juga akan terbawa longsor,” ungkapnya, Sabtu (3/2/18)

Apa lagi kata dia, sekarang ini sedang musim penghujan. Jadu kalau TPT tersebut tidak segera diperbaiki akan terjadi longsor lagi, karena kondisi tanah labil dan tidak ada penahan.

“Terlebih TPT yang longsor itu dekat dengan jembatan, kalau tidak segera ditangani, dihawatirkan juga bangunan jembatan akan ikut runtuh,” katanya

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Menes, Basit membenarkan kalau bangunan TPT di ruas jalan yang ada dinwilayahnya tersebut telah longsor. Dirinya juga berharap, pemerintah segera melakukan penanganan, sebab nantinya kondisi longsor akan bertambah parah.

“Kalau tebing jalan itu longsor lagi, dipastikan ruas jalan juga bisa putus. Makanya kami berharap pemerintah supaya secepatnya melalukan penanganan,” harapnya. (Achuy)