Warga Pateraheut Terus Bangun Jalan Secara Swadaya

FAKTA PANDEGLANG – Warga Kampung Pateraheut, Desa Palembang, Kecamatan Cisata terus melakukan perbaikan secara swadaya. Hal itu dilakukan, karena ruas jalan yang ada di desa tersebut minim perhatian dari pemerintah, sehingga terpaksa masyarakat harus melakukan perbaikan sendiri.

Pantauan di lokasi, kegiatan perbaikan ruas jalan itu seperti dilakukan pada pekan lalu oleh masyarakat, yaitu dibangun dengan semi betonisasi, dengan menggunakan anggaran dari hasil iuran serta sumbangan dari pihak lain tanpa ada bantuan dari pemerintah.

Lijar, warga Pateraheut menuturkan, seperti biasa ia bersama warga lainnya melakukan perbaikan jalan secara gotong royong. Sebab kata dia, beberapa ruas jalan yang ada di wilayahnya itu mengalami kerusakan yang cukup parah dan kurang perhatian dari pemerintah. Oleh sebab itu, masyarakat memiliki inisiatif untuk melakukan perbaikan jalan secara swadaya, soalnya kalau menunggu program dari pemerintah entah kapan adanya.

“Sejak bertahun-tahun jalan di kampung kami rusak parah dan tidak ada penanganan dari pemerintah. Maka dari itu, kami terpaksa harus melakukan perbaikan sendiri,” ungkapnya, Minggu (29/4/18)

Kata dia, memang perbaikan jalan yang dilakukan tidak keseluruhan, hanya sebatas di titik-titik yang tingkat kerusakannya lebih parah saja, soalnya menyesuaikan dengan kondisi dana yang ada.

“Dana perbaikan itu hasil dari iuran warga dan sumbangan dari pihak lain. Adapun perbaikan jalan yang kami lakukan yaitu semi betonisasi,” katanya

Suihmat, warga lainnya mengaku, ini adalah bentuk kepedulian masyarakat Pateraheut terhadap kondisi jalan yang ada di kampunya itu. Meskipun memang perbaikan jalan merupakan tanggung jawab pemerintah, akan tetapi warga sendiri memiliki kesadaran untuk melakukan perbaikan secara swadaya. Namun pihaknya berharap, kedepan pemerintaj bisa lebih memperhatikan kondisi jalan di wilayahnya itu, karena jalan merupakan akses utama bagi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kami sangat mengharapkan pihak pemerintah segera membangun jalan ini. Soalnya jalan itu kebutuhan utama bagi masyarakat dalam meningkatkan prekonomian, karena jika kondisi jalan tetap dibiarkan rusak, maka masyarakat di Desa Palembang khususnya Pateraheut tidak akan mengalami kemajuan,” harapnya. (Achuy)