Warga Sidamukti Akan Gelar Pesta Laut

FAKTA PANDEGLANG – Seluruh lapisan masyarakat, Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang, akan menggelar kegiatan Pesta Laut atau selamatan laut hal ini sebagai bentuk kepercayaan atau tradisi warga yang mayoritasnya nelayan dikarenakan ini telah menjadi agenda rutin tahunan, yang dimana sebagai ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta atas kekayaan laut yang melimpah.

Karsidi, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Pesta Laut mengatakan ini adalah sebagai kegiatan rutin tahunan yang bisa dilaksanakan oleh warga nelayan apalagi dengan adanya dukungan dari unsur Muspika Kecamatan Sukaresmi, HNSI Kabupaten Pandeglang, KUD Mina Bahari, Karang Taruna, Tokmas dan Tokoh Agama.

“Kami akan menyelenggarakan kegiatan Pesta Laut pada 20-26 Agustus 2018 mendatang, akan tetapi semuanya telah kami siapkan untuk kegiatan tersebut, semoga kegiatan ini bisa berjalan sesuai yang diharapkan,” katanya.

Lanjut karsidi, Pesta Laut tersebut selain sebagai adat leluhur yang harus terus kita jaga serta merawatnya. Selain itu, sebagai bentuk syukuran masyarakat nelayan atas rizki yang selama ini didapat dari kekayaan laut. Dan tidak hanya itu Pesta Laut juga akan di semarakan dengan berbagai hiburan masyarakat. Seperti panggung musik, wayang kulit, tabligh akbar, aneka lomba, pesta kapal hias, panggung sandiwara Pantura, turnamen volly ball, exibisi aneka olahan berbahan kerang, pasar kuliner dan oleh-oleh.

“Mudah-mudahan dapat terlaksana kegiatan dengan baik, lancar dan sukses. Karena ini kegiatan masyarakat mari kita sama-sama dukung untuk mensukseskan pesta laut tersebut,” ujar Kasidi saat ditemui di kediamannya.

Enjat Sujatna, Kepala Desa Sidamukti sangat mengapresiasi dengan adanya rencana digelarnya pesta laut yang akan diselenggarakan oleh warganya pada Agustus mendatang, apalagi selama kegiatan tersebut positif dan untuk menjaga kelestarian dan budaya agar tetap terjaga.

“Saya sangat mendukung dengan acara tersebut. Karena selama kegiatannya positif, dirinya akan selalu mendukung keinginan masyarakat,” imbuhnya.

Atmaja Suhara, Camat Kecamatan Sukaresmi mengatakan, acara itu rutin diadakan setiap tahun. Pesta laut juga dijadikan sebagai media untuk melestarikan tradisi dan kebudayan agar tetap terjaga.

“Tradisi itu juga dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang diperoleh para nelayan,” terangnya. (Oriel)